Kelly Clarkson: Feminis adalah Kata yang Terlalu Kuat

Kelly Clarkson: Feminis adalah Kata yang Terlalu Kuat Selebriti dan Feminisme

BertuturCom – Pemenang American Idol musim pertama ini mencetak hits pertamanya lewat lagu “Miss Independent” pada 2003. Lagu ini bercerita mengenai perempuan independen yang menjaga hatinya, tapi kemudian dia jatuh cinta. Dalam pemaknaan secara bebas terkait lagu itu, Clarkson mencoba bercerita perasaan cinta membuat orang tidak bisa lagi independen.

Jika Lana Del Rey dihakimi sebagai antifeminis gara-gara lirik lagunya, maka tidak demikian dengan Clarkson. Dalam wawancara dengan TIME tahun lalu, Clarkson mendeklarasikan, “Saya tidak akan menyebut diri saya feminis. Itu adalah kata yang terlalu kuat.”

Perempuan 32 tahun itu menyatakan istilah ‘feminis’ mengandung konotasi yang kurang menyenangkan di mata masyarakat. Menurut dia, feminis seolah ingin menunjukkan, “minggir dari jalanku sebab aku tidak butuh siapapun”.

Padahal, Clarkson menyatakan, dia senang dijaga oleh laki-laki. Dia juga senang memiliki laki-laki yang berperan sebagai pemimpin. “Saya bukan feminis dalam hal itu.. tapi, saya bekerja keras sejak berusia 19 tahun, ketika pertama kali melakukan audisi untuk Idol,” ujar Clarkson seperti dilansir TIME, 30 Oktober 2013.

Selama ini vokalis perempuan memang mendominasi tangga lagu, baik di Amerika Serikat atau dunia. Namun menurut Clarkson, hal itu terjadi bukan karena mengandalkan penampilan seksi semata. “Banyak perempuan di industri (musik) yang berusaha sekeras mungkin–seperti Cher Madonna atau Annie Lennox,” ujar penyanyi country ini.

Clarkson mengaku tidak mempermasalahkan jika ada vokalis perempuan yang memang mengandalkan daya tarik seksual. Tapi apakah dia bersedia menjual sex appeal untuk meningkatkan popularitasnya?

“Saya hanya melakukan hal untuk menjadi diri sendiri. Banyak di industri yang membujuk saya untuk melakukan itu, tentu saja, karena mereka akan menghasilkan banyak uang ketika perempuan melakukan itu,” tuturnya.

Kelly Clarkson memang terlihat memberikan jawaban cerdas saat dipancing untuk memberikan pernyataan kontroversial terkait posisinya sebagai perempuan. Begitu juga saat dia diminta memberikan saran untuk Miley Cyrus, artis yang dianggap menuai kontroversi karena sering berpenampilan terbuka. Dengan cerdas Clarkson menjawab:

“Sejujurnya saya tidak punya saran apapun, karena kami jauh berbeda. Saya bukan bintang cilik. Saya tidak tahu seperti apa hidupnya (Miley) dan apa saja yang telah dialaminya.”  (ann)

The following two tabs change content below.
napuspita@gmail.com'

Annelies

Serupa burung hantu yang kerap tidak tidur di malam hari, pecinta kopi, dan hal-hal absurd. Percaya bahwa setan dan malaikat bekerja untuk perusahaan yang sama.

Comments

comments