Ilustrasi Dukun (foto: wikipedia.org)

Dukun Bahasa Inggris

BertuturCom – Saya pernah ngobrol dengan beberapa kawan tentang bagaimana biar bisa cepat berbahasa Inggris tanpa belajar sama sekali, atau pun membaca teks-teks Inggris. Benarkah ada? Begini ceritanya.

Konon, di sebuah daerah di Probolinggo, Jawa Timur terdapat sebuah klinik yang menjanjikan pasiennya untuk bisa ngomong dan paham bahasa Inggris secara langsung tanpa harus kursus apalagi belajar. Cukup dikasih jampi-jampi dan membaca amalan-amalan ini itu, cas cis cus si pasien langsung bisa ngomong Inggris.

Namun sayangnya, dimana tempat persisnya saya lupa nanya saat itu. Padahal, daftar pasiennya konon banyak pejabat yang menjadi klien si dukun Inggris ini.

“Tapi rata-rata kebanyakan pasienya para pejabat dari politikus PKB,” ujar teman saya saat itu sambil tertawa terbahak-bahak. Saya pun mencoba mengingat siapa politikus PKB yang disebutkan oleh teman saya itu. Sayup-sayup saya mengingat sebuah nama. Ah, tapi gak usah saya sebut daripada saya nanti dilaporkan polisi lantaran dianggap melakukan pencemaran nama baik.

Dahsyatnya lagi, lewat ‘pengobatan’ ini, konon pasien dijamin langsung bisa ngomong bahasa Inggris dan paham bahasa Inggris yang dilafalkan oleh lawan bicara, termasuk orang bule sekali pun.

“Jadi setelah ‘berobat’ di sini, mau diangkat jadi Menteri Luar Negeri pun hayukk saja, meski sebelumnya tak bisa Bahasa Inggris,” kata teman tadi menambahkan.

Saya gak tau kenapa kisah yang sangat menarik ini tidak dipublikasikan oleh media. Padahal, yang cerita kepada saya waktu itu adalah seorang wartawan. Harusnya cerita-cerita unik dan lucu seperti ini dia beritakan, agar si dukun jadi terkenal.

Tapi bisa jadi si dukun ini ogah diwawancarai lantaran dilarang oleh para pejabat yang menjadi pasiennya. Tapi kan itu bisa diakali dengan tidak menyebut nama-nama pejabat yang pernah jadi pasien saat diwawancarai.

Suatu saat, kalau ketemu lagi sama teman saya itu, saya akan pastikan lagi di mana alamat si dukun itu. Siapa tau nanti saya jadi pejabat. Buat persiapan saja. Right? :) (rzr)

*foto: wikipedia.org

The following two tabs change content below.
anwarkhu@gmail.com'

Reza Rezita

Comments

comments